Ketika Si Babeh 'On Leave' untuk Beribadah

Diantara banyak hal berantakan dalam hidup gw, ada satu hal yang tidak pernah berantakan yang menurut gw patut di apresiasi, yaitu makan. Iya, makan. Makanan dan pola makan mungkin adalah hal yang paling teratur dalam hidup gw, dibanding pola-pola yang lain: pola tidur misalnya. Ini sangat amburadul. Apalagi pola bangun pagi, nggak ada polanya sama sekali wkwkwkw...

Baiklah, cerita random di sore hari nan cerah ini adalah tentang kebiasaan makan gw sejak masa kanak-kanak hingga saat ini. Dan tulisan ini gw dedikasikan kepada Babeh, si kepala urusan rumah tangga di kantor yang bertanggung jawab atas kecukupan gizi belasan mahkluk ajaib di kantor tercinta kita: markas merah putih. 

Sebelum lanjut, gw mau spill sedikit kenapa tiba-tiba gw ingin menulis ini untuk si Babeh. Sebab, sudah 4 hari ini kita ditinggal si babeh yang sedang beribadah di tanah Suci. Dan sepeninggal belio, gw dan seisi kantor dipastikan mengkonsumsi fast food yang dipesan lewat babang ojek online. Demikian pemberitahuannya. 

Ngomong-ngomong soal makanan, pada masa gw kanak-kanak, gw yakin gw dikasih makanan dan minuman kaya gizi oleh mandeh dan juga nenek. Ini sudah tidak diragukan lagi. Walaupun ingatan gw soal masa kanak-kanak kayak puzzle yang beberapa bagiannya hilang, tapi mengingat gw diurus oleh dua wanita perkasa, mandeh yang yang rajin bekerja sebaga abdi negara dan nenek nan super galak, jadi sudah bisa dipastikan gw makan dengan baik dan benar. Gw juga nggak banyak jajan [kayaknya]. 

Hal-hal yang gw ingat, uang jajan di sekolah gw suka jajanin lontong sayur. Gw lontong dengan gulai cempedak di kantin sekolah. Jajanan lain yang gw suka adalah pensi. Ada yang tau pensi gak? kerang sawah yang di tumis, rasanya gurih. Dan satu lagi, ini yang sering di bahas mandeh, katanya sampai mau SD itu gw masih suka minum susu pake botol [dot hahahha]. Jadi kalo liat foto masa lalu gw, yaa..gak heran sih gembul wkwkwkkw...

Lanjut saat remaja, periode SD - SMP, ini lebih kacau lagi. Demi mendapatkan pendidikan yang lebih bagus, gw di depak dari rumah wkwkw..Nggak deng, gw mulai merantau ke ibu kota propinsi. Tadinya tinggal di desa gitu deh. 

Selama di perantauan ini gw tinggal bersama kakaknya mandeh. Harusnya secara struktur bahasa dan adat, gw panggilnya Ma Odang sih, cuma ya buat gw sama aja. Gw panggil mama juga. 

Nah, apesnya, mak gw yang ini kerjanya sebagai perawat di RSUP. Trus hobinya masak, apa aja di masak. Apa aja di bikin. Kebayang lah ya, gak ada kesempatan buat gw ngebandel soal apa yang masuk ke lambung. Semua yang disediakan di meja makan, mulai dari pagi jam 6, siang jam 12, malam jam 7, gw harus makan. Gak boleh milih. Satu-satunya yang gw g makan [dan dibiarkan] adalah bila menu hari itu ikan lele. Yes, I can't eat them!! Alhasil, gw bikin telor dadar sendiri wkwkwk...

Ada dua jenis makanan lain yang sebenernya gw gak suka: taoge dan buncis. Tapi kalo ini kayak g ada alasan yang diterima mak gw kenapa gw nggak bisa makan ini, Menurut gw sih bauu yaa...Tapi masalahnya alasan gw g bisa diterima seluruh keluarga. Jadi mau g mau gw paksain makan. Nah soal lele, kenapa diijinin g makan? gw bilang geli. Dan akhirnya dikasih dispensasi. 

Jadi, sedemikian bergizinya asupan makanan gw dari lahir hingga di penghujung masa pertumbuhan. Alhasil, body gw tetap semampai - nggak lebih dari 150 cm. Jadi, gw percaya, hal ini adalah takdir genetik yang dibawa oleh bokap gw :) 

Anak Kost

Lepas SMA, gw lanjut lagi merantaunya, kali ini ke ibukota negara. Di sini tidak ada pilihan lain selain gw menerima nasib sebagai anak kost. Dan bagaimaa stigma terhadap anak kost selama ini? yup..kalau nggak puasa senin - kamis, ya mie instan setiap hari. Inilah yang mengakibatkan gw selalu di wanti-wanti di hari-hari sebelum mau berangkat. Bahkan mamak-mamak gw itu selalu berpesan, cari nanti tempat kost yang ibu kostnya baik, yang ngizinin kulkasnya buat dititipin makanan, nanti mama kirimin cabe giling, bumbu buat kamu masak. Ya..ya..oke mam :) 

Dan memang yang namanya doa orang tua itu manjur ya. Bayangin, dengan harga 150 ribu/ bulan, plus dikasih sarapan. Di tempat lain rata-rata minimal udah 250 an, dan nggak ada makan pula. Bu De, panggilan sayang kami buat si ibu kost ini juga galaknya nggak beda jauh dari mamak mamak gw di kampung sana. Jadi nggak ada yang berani menolak setiap menu yang dia sediain  setiap pagi. Tapi emang enak juga sih masakannya si  Bu De. Gw paling suka kalau bu de bikin sambel. Di cocol tenpe goreng dan otak-otak aja udah enak. Tapi di sini gw agak beruntung, gw bisa menghindar dari tauge dan buncis. Wkwkwkw....

Sarapan sudah pasti bener. Siang dan malam, biasanya gw makan di warteg Yu Nana di samping kampus atau di Warung Uni - bukan warung Padang tapi makanan rumahan ala keluarga di kampung. Nggak jarang juga gw masak, karena beneran mama suka kirim-kirim rendang dan cabe. Jadi gw tinggal panasin rendang dan goreng cabe nya. Gw dengan berbangga hati berhasil mematahkan stigma anak kost tiap hari makan indomie Nyahahhaah....

Alhasil, dengan asupan penuh gizi tersebut, gw berhasil lulus tepat waktu dan dengan IPK yang cukup membanggakan orang tua :) 

Dunia Kerja

Lepas dari kehidupan anak kost, gw masuk dunia kerja yang sangat kejam. Saking kejamnya, gw pernah terlambat gajian hampir 3 bulan. Wkwkwkw....dan bayangkan, disaat gw tak bergaji itu, tiap hari gw maish bisa menikmati brunch di kafe kawasan Cikini dan santap siang di hotel seputaran Sarinah - Menteng - HI . Ini bukan karena gw cukup tajir dan uangnya nggak berseri ya, tapi ya memang waktu itu gw dari pagi - malam kerjaannya liputan acara parpol, sehari bisa 2-3 acara. Jadi yang duitnya nggak berseri itu ya parpol-parpol itu, mereka pake uang rakyat buat mengentertaint manusia-manusia kayak gw. 

Masa-masa jahiliyah ini nggak lama. Karena akhirnya kita di PHK berjamaah. Kantor gw yang pertama tapi ngasih segudang cerita itu akhirnya tutup, setelah lelah terseok-seok di tengah arus politik yang banyak busuknya. Di hari terakhir, gaji gw yang 3 bulan belum di bayar + 1 bulan bonus katanya diberikan. Cash. Wkwkwk...gw berasa banyak duit pegang uang cash sebanyak itu. 

Masih lanjut di dunia pekerjaan, gw bersyukur tidak menunggu lama gw mendapatkan pekerjaan baru. Gw ditempatkan di sebuah institusi papan atas negara ini, untuk mengurus websitenya. Jam kerja ngikutin jam kerja orang normal 8 -17. Tapi karena gw bermasalah dengan bangun pagi, akhirnya gw diizinkan masuk jam 9 dan pulang setelah pekerjaan selesai, paling cepat jam 18.00. Yang artinya kalau kerjaan belum kelar di jam 18.00, gw belum boleh pulang wkwkkw..Bagi gw ini nggak terlalu masalah sih. Mendingan kelarin hari itu daripada pulang masih kepikiran kerjaan kan. Toh nggak tiap hari juga. 

Nah disini, lagi-lagi gw dikasih anugrah yang luar biasa banget dari yang maha kuasa. Nggak perlu repot mikirin makan siang karena sudah ada catering yang ready di depan meja gw. Walaupun bukan menu mewah seperti jaman liputan, tapi rasanya enak. Dan porsinya cukup buat gw jadi nggak mubazir. 

Sekitar hampir 2 tahun menjalani rutinitas dan bersahabat dengan para abdi negara penegak hukum ini, gw akhirnya di suruh balik ke kantor buat ngurusin project lain. Dan sejak itu gw beneran jadi ladies office yang punya meja dan perabotan di kantor. Nah, sejak inilah hari-hari gw diurusin sama si Babeh.

Di sini, di markas Merah Putih, walaupun orangnya seuprit, tapi kita selalu santap siang bersama-sama. Dulu pilihannya kalau nggak bawa bekal dari rumah, beli makanan di warteg samping kantor. Nggak jarang juga si Babeh suka bawain makanan, atau kita makan diluar bareng bu Bos. Gw bisa pastikan apa yang masuk ke tubuh adalah asupan yang baik. Sesekali kita juga setop abang baso yang suka lewat sore-sore. 

Oh ya, hal lain yang perlu di highlight adalah setiap kita mau ada event dimana harus sering lembur, seisi kantor past akan saling mengingatkan: jangan telat makan. Ya, lambung jangan dibiarkan kosong. Karena pada saat perut kosong, otak juga nggak akan bekerja maksimal. Dan kalaupun kita harus lembur, paling lambat jam 7 malam, sudah ada makanan tersedia. 

Alhamdulillah, gw bisa bilang, sepanjang ingatan gw di markas Merah Putih ini, kita semua dikasih kesehatan yang baik sama yang Maha Kuasa. Kalaupun ada yang izin sakit, biasanya karena flu, demam atau sakit kepala. Tapi inipun jarang banget. Ahh...bangga akutu... sehat-sehat terus yaa kita semuaaa...

Awal 2020, ini mungkin tahun yang akan diingat semua orang. Pandemi merubah banyak tatanan kehidupan. Rasanya, bicara periode 2020 - 2022, adalah hal pahit yang dialami semua orang. Gw pun sama, banyak hal-hal yang membuat gw semakin meyakini: hidup tidak seindah drama Korea. 

Kembali ke soal makanan, disinilah awak mula perubahan itu. Karena kita percaya dibalik tubuh yang sehat tersimpan jiwa yang kuat, maka Manajemen kantor memutuskan menyediakan makan siang untuk seluruh karyawan. Setiap hari. Dan demi menjamin kebersihan, kesehatan dan kecukupan gizi seluruh karyawan, maka urusan ini menjadi tanggung jawab si Babeh Rumah Tangga. Takhta yang tak akan pernah terbantahkan ada di tangan si Babeh. 

Dan dimulailai hari-hari dengan hidangan nikmat dan tentu saja cukup gizi - sesuai pedoman Isi Piringku yang dikeluarkan oleh Kemenkes. Menu favorit seisi kantor adalah: cumi gila (cumi dicabein pake cabe rawit setan), sayur asem dan tempe goreng. Tapi kalau favorit gw: ikan mas/ mujaer goreng kering, lalap + sambel. Maknyoossss....

Tongkol Balado, Tempe Goreng dan Cumi Gila, salah satu menu favorit gw. Ini kayaknya pas si Babeh lagi nggak mantau deh, jadi gw bisa skip sayur hahahha

Tapi, apapun itu yang disediain Babeh di meja makan, kita smeua makan dengan lahap.  Gw pun demikian. Dan sejak ini pula gw pelan-pelan mulai coba lagi makan tauge dan akhirnya berhasil. Tapi buncis masih belum yaaa...hahahha...

Si Babeh juga tau apa yang disuka dan g disuka belasan manusia-manusia rempong ini. Misalnya gw yang g suka makan lele, tapi hari itu menunya lele. Babeh biasanya bikini gw telor dadar. Atau ada juga yang nggak makan tongkol, tapi hari itu menunya tongkol balado (yang menurut gw enak banget tapi ada yang nggak suka ), maka  babeh pasti bawain entah ayam goreng atau telur. Dan yang pasti untuk situasi khusus seperti ini, ayam/ telur gorengnya udah ditandain sama si babeh, ini buat Nila/ Ijat/ Ifa. Wkwkwkw....Tidak jarang juga makanan berlebih, jadi sore / malam kita masih lanjut dengan makanan sehat ini. 

Btw, ini bukan omong kosong ya. Bisa dibuktikan dengan karyawan yang angka timbangannya yang akan berat ke kanan hahahha

Meski demikian, kadang kami juga rindu dengan makanan dengan mecin. Jadi sore-sore kadang kami berhentiin abang baso/ somay lewat :) 

Hingga hari ini gw menulis catatan random ini, gw sangat bersyukur dengan hari-hari yang gw jalani selama ini. Gw berterimakasih untuk manajemen di markas merah putih yang telah membawa kebijakan yang sangat significant ini, demi keberlangsungan hidup dan masa depan planet bumi :))

Well, buat babeh yang sedang umroh, jaga kesehatan ya.. Jangan lupa doakan kami, agar menjadi orang terkaya no 5 di Indonesia. Jangan khawatir soal makan siang kami Beh, besok rencananya kita akan masak indomie pake telor kok di kantor wkwkkwkwk




Komentar

Postingan Populer